Gejala campak

“dilansir dari laman Alodokter” bahwa beberapa penelitian secara medis mengatakan 3-5 hari sebelum munculnya ruam sebenarnya sudah ada gejala campak yang dialami oleh sipengidapnya. Hanya saja, kita tidak menyadari dan membiarkan sehingga baru disadari setelah campak itu benar-benar muncul. gejala campak ini tidak jauh beda dengan gejala flu dan biasanya berlangsung selama 3-5 hari, kemudian akan hilang secara bertahap. Pada banyak kasus, penderita campak akan sembuh dalam waktu 7-10 hari. Diantaranya gejala tersebut adalah:

  • Muntah

Sesuatu yang terus saja membuat tidak nyaman pada bagian perut.

  • Kelopak mata membengkak

Kelopak mata yang membengkak termasuk gejala campak yang harus segera diatasi.

  • Pegal linu

Sakit yang terasa pada bagian seluruh tubuh.

  • Lemas

idak semangat untuk melakukan berbagai aktivitas. Dalam dunia medis sendiri, badan lemas kerap disebut sebagai asthenia. Kondisi ini terjadi ketika kekuatan tubuh berkurang, sehingga Anda harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk bergerak.

  • Pilek

pilek atau common cold, yang dikenal juga dengan selesma, adalah infeksi virus ringan pada saluran pernapasan bagian atas, yaitu hidung dan tenggorokan. Infeksi virus yang menyebabkan batuk pilek dapat menyebar secara langsung lewat percikan lendir dari saluran pernapasan penderita, ataupun secara tidak langsung melalui tangan.

  • Demam

kondisi ketika suhu tubuh berada di atas angka 38 derajat celsius. Demam merupakan bagian dari proses kekebalan tubuh yang sedang melawan infeksi akibat virus, bakteri, atau parasit. Selain itu, demam juga bisa terjadi pada kondisi hipertiroidisme, artritis, atau karena penggunaan beberapa jenis obat-obatan, termasuk antibiotik.

  • Diare

penyakit yang membuat penderitanya menjadi sering buang air besar, dengan kondisi tinja yang encer. Pada umumnya, diare terjadi akibat makanan dan minuman yang terpapar virus, bakteri, atau parasit.

  • Batuk kering

Batuk kering adalah batuk yang tidak menghasilkan lendir atau dahak. Ada beberapa hal yang bis menyebabkan Anda mengalami batuk kering. Mulai dari alergi, asma, terkena asap, debu, bahkan dalam beberapa kasus tidak diketahui penyebab terjadinya batuk kering.

  • Hilangnya nafsu makan

suatu sistem pengaturan internal yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan energi dan gizi di dalam tubuh. Hilangnya nafsu makan normal akan menjadi masalah jika kondisi tersebut terus berlanjut.

  • Muncul bercak putih

bercak putih disebabkan beberapa hal, di antaranya vitiligo, pityriasis versicolor atau panu, pityriasis alba, hipopigmentasi, dan lain sebagainya.

  • Kelopak mata merah, berair, bahkan sensitif terhadap cahaya.

Gejala campak ruam pada seluruh tubuh dan dapat menular adalah pengertian dari campak itu sendiri. Campak disini biasanya muncul sekitar satu hingga dua minggu setelah tubuh terkena virus campak. Dan hal ini juga dapat mengarah pada komplikasi yang lebih serius dan sangat mengganggu pada kesehatan kita. Ada beberapa faktor yang menyebabkan resiko terjadinya campak tersebut. Diantaranya, Virus campak sendiri bisa bertahan selama beberapa jam dan bisa dengan mudah menempel pada benda-benda. Jika seseorang menyentuh benda yang terlanjur dihinggapi virus campak, maka besar kemungkinan dirinya akan tertular campak. Penyakit ini harus diwaspadai meskipun jumlah pengidap komplikasi campak tidak terlalu banyak. Komplikasi yang disebabkan campak umumnya adalah bronkitis, infeksi paru-paru (pneumonia), radang pada telinga, dan infeksi otak (ensefalitis). Umumnya, campak lebih sering menimpa anak-anak berusia di bawah lima tahun. Siapapun bisa terinfeksi virus campak, seseorang juga semakin rentan untuk terkena campak saat belum mendapatkan vaksinasi campak.[1]


[1] Sumber referensi Halodoc.com

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *