Perawatan Wajah Spesial

Prospek hidup untuk waktu yang lama akan kehilangan kilauannya bagi banyak dari kita ketika kita mempertimbangkan korban selama bertahun-tahun dapat muncul. Untungnya, dalam semacam alkimia modern, para peneliti memadukan romansa dengan sains untuk menciptakan produk yang memperpanjang tampilan anak muda. Sebagian kosmetik, sebagian farmasi, janji “cosmeceuticals”, misalnya, untuk memperlambat akumulasi kerutan di wajah wanita atau untuk mempererat ikatan antara pria dan rambutnya.

Sebenarnya, kosmetik adalah produk yang membersihkan atau memperindah kulit, rambut, dan kuku. Tindakannya nyaris tidak sedalam kulit, menurut definisi teknis dalam Undang-Undang Makanan, Obat-obatan, dan Kosmetik Federal. Farmasi adalah obat, baik yang diresepkan atau dijual bebas, dengan kemampuan yang telah terbukti untuk mengobati atau mencegah penyakit atau memengaruhi beberapa struktur atau fungsi tubuh. Food and Drug Administration (FDA) menyebut produk yang menggabungkan dua definisi “obat dan kosmetik,” dan menegaskan bahwa mereka memenuhi persyaratan hukum untuk kedua kategori. Kata cosmeceutical adalah campuran dari hal-hal lama dan baru, penuh kemungkinan.

OBAT DARI COUNTER MAKEUP

Penghargaan untuk mengarang kata ini umumnya diberikan kepada Dr Albert Montgomery Kligman, ahli dermatologi Universitas Pennsylvania yang terkenal karena menemukan bahwa asam retinoat (Retina-A) membantu jerawat dan keriput. Dia mendefinisikannya sebagai “agen yang memiliki efek kosmetik dan obat, atau sediaan topikal yang bukan obat murni atau kosmetik murni.” Peneliti lain menggunakan istilah ini untuk segala hal, mulai dari sampo ketombe hingga krim kulit yang penuh rasa dan berbagai macam barang.

Cosmeceuticals adalah produk yang akan memberikan manfaat positif langsung, dan efeknya akan meningkat dari waktu ke waktu. Dengan kata lain, mereka tidak akan hilang sama sekali dengan penghapus makeup tetapi akan memiliki efek kumulatif, seperti halnya obat-obatan tertentu. Semakin banyak Anda menggunakannya, semakin baik kulit Anda akan terlihat. Tapi … bukankah itu yang selalu diklaim oleh perusahaan kosmetik?

Ya, namun ada beberapa substansi di balik gaya. “Kosmetik tradisional tidak bisa melakukan lebih dari mencoba untuk menjaga kelembaban di stratum corneum [lapisan terluar kulit, yang terdiri dari sel-sel mati],” kata Dr Peter Elias, seorang dokter kulit di San Francisco. Tetapi dalam beberapa tahun terakhir, generasi baru produk bebas telah benar-benar mulai memengaruhi fungsi kulit. Perawatan baru dapat mengubah tidak hanya sifat fisik stratum korneum, tetapi metabolisme dan fungsi lapisan epidermis yang hidup juga, meningkatkan kemampuan kulit untuk menahan air dan melindungi membran sel dari kerusakan, misalnya.

Meskipun Anda akan lebih sering mendengar istilah cosmeceuticals – dan mendengar maknanya diperdebatkan – ketika tiba saatnya, siapa yang peduli apa namanya? Rias wajah atau obat-obatan atau keduanya, intinya adalah apa yang dapat mereka lakukan untuk Anda: ubah penampilan dengan cara yang hanya bisa diimpikan oleh ramuan dan krim sebelumnya.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *